SERBA-SERBI LIVE-IN (2) “Sambelnya Enak!”

Begitu celoteh beberapa peserta saat mereka berkumpul pagi di hari kedua live-in. “Ya, asyik,” jawab yang lain. Lalu yang lain lagi menimpali: “Kami siang kemarin makan dengan ikan pedas dan sayur lodeh. Lalu malamnya dengan lauk telur dan sambal serta rebusan kacang panjang, wortel dan katanya daun kacang tanah.” Celoteh terus berlanjut hingga salah seorang dari mereka mengingatkan sambil bercanda: “Eh, kok jadi ngomongin makanan terus nih. Makan siang masih jauh, tauuu…”

sambal

Sambal, atau banyak orang mengucapkannya sebagai sambel, boleh jadi musti selalu ada dalam menu makan masyarakat Jawa Barat seperti juga warga di seputar GriyaAgro, Purwakarta. Macamnya bisa berupa sambal mentah atau sambal matang. Tidak seperti yang matang, bahan-bahan untuk sambel mentah tak perlu mampir dulu di penggorengan atau panci rebus sebelum diulek.

Bu Delfin, salah seorang warga yang rumahnya ketempatan murid-murid peserta live-in berbagi rahasia enaknya sambel yang kami rasakan. Bahan-bahan untuk sambel mentah biasanya terdiri atas cabe rawit, bawang merah, garam dan sedikit gula pasir. Ulek bahan-bahan itu hingga halus lalu hidangkan. Dan ingat, gula pasir bisa diganti dengan gula merah bila mau. Untuk sambel matang, tambahkan bawang putih, tomat, terasi (bila mau), daun salam serta sereh secukupnya. Bahan-bahan itu bisa dimasak dengan cara digoreng maupun direbus. Kalau digoreng, Bu Delfin mengingatkan agar api kompor diatur kecil, tutupi wajan saat mengoreng dan gunakan minyak sayur sedikit saja. Ini agar bahan-bahan yang digoreng tersebut tidak gosong dan bisa matang merata seperti direbus.

Baca Juga:

1. Serba-serbi
3. Undian Kamar Mandi
4. Akrab dengan Lumpur
5. Pelajaran dari Sungai Ciherang dan Para Pemandu Lokasi

Iklan

4 responses to “SERBA-SERBI LIVE-IN (2) “Sambelnya Enak!”

  1. Ping-balik: SERBA-SERBI LIVE-IN SMA DIAN HARAPAN, CIKARANG (1) | GriyaAgro Cibatubelah Purwakarta·

  2. Ping-balik: SERBA SERBI LIVE IN (3): Undian Kamar Mandi | GriyaAgro Cibatubelah Purwakarta·

  3. Ping-balik: Serba-serbi Live-in (4): Akrab dengan Lumpur | GriyaAgro Cibatubelah Purwakarta·

  4. Ping-balik: Serba-serb Live-in (5) Pelajaran dari Sungai Ciherang dan Para Pemandu Lokasi | GriyaAgro Cibatubelah Purwakarta·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s