SERBA SERBI LIVE IN (3): Undian Kamar Mandi

Beberapa murid tampak berbisik-bisik serius di tepi kebun tanaman kacang panjang. Ini terjadi di hari pertama live in, siang hari menjelang sore. Saat itu mereka tengah beristirahat di sela membantu Pak Ade dan Pak Sugi, petani sekaligus pegiat Komunitas Tani Lestari di GriyaAgro, memetik hasil kebun itu. Tapi bisik-bisik para murid peserta live-in itu rupanya bukan tentang hasil panen kacang panjang atau tanah subur di Griya Agro atau betapa cekatannya para petani itu memilih dan memetik kacang panjang yang sudah siap dipanen. Bukan. Bukan itu semua.

Mereka justru sedang bingung memikirkan saat mandi sore nanti. Kelompok mereka terdiri atas enam orang. Sedangkan menurut info dari salah satu anggota kelompok, cuma ada satu kamar mandi di rumah keluarga petani tempat mereka tinggal. Lalu mereka hening sejenak sebelum akhirnya saling tersenyum lega. Ya tampaknya sudah ada kata sepakat perihal mengatur giliran mandi. Singkat kata, mereka telah mengundi urutan kesempatan mandi sore nanti.

undian kamar mandi

Meski begitu saat berjalan pulang meniti pematang sawah dan jalan setapak, ada saja yang coba-coba mengubah kesepakatan hasil undian. “Ayo balapan. Yang duluan sampai rumah, boleh mandi lebih dulu.” Tentu saja ucapan itu menuai protes serempak dari yang lain. Jadi kesepakatan hasil undian ikut mengatur langkah mereka pulang ke rumah dengan tertib. Tapi sebenarnya info awal tentang jumlah kamar mandi tak akurat adanya. Sebab si pemberi info tak sempat mengitari seluruh lingkungan rumah. Jadi ia tak tahu bahwa ada lebih dari 4 kamar mandi di sekitar rumah yang mereka tempati. Maklumlah rumah petani tempat mereka tinggal, tak jauh dari lingkungan pondok Griya Agro itu sendiri. Dan bersorak-sorailah para murid itu saat tahu bahwa mereka bisa mandi serempak tanpa harus antri!

Baca Juga:

1. Serba-serbi
2. “Sambelnya Enak!”
4. Akrab dengan Lumpur
5. Pelajaran dari Sungai Ciherang dan Para Pemandu Lokasi

Iklan

5 responses to “SERBA SERBI LIVE IN (3): Undian Kamar Mandi

  1. Ping-balik: SERBA-SERBI LIVE-IN SMA DIAN HARAPAN, CIKARANG (1) | GriyaAgro Cibatubelah Purwakarta·

  2. Ping-balik: SERBA-SERBI LIVE-IN (2) “Sambelnya Enak!” | GriyaAgro Cibatubelah Purwakarta·

  3. Ping-balik: Serba-serbi Live-in (4): Akrab dengan Lumpur | GriyaAgro Cibatubelah Purwakarta·

  4. Ping-balik: Serba-serb Live-in (5) Pelajaran dari Sungai Ciherang dan Para Pemandu Lokasi | GriyaAgro Cibatubelah Purwakarta·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s